Kamar mandi menjadi bagian penting dalam sebuah rumah. Aktivitas membersihkan diri terjadi di tempat ini. Tak jarang, masyarakat Indonesia juga melakukan aktivitas lain, seperti mencuci baju juga di kamar mandi. Mengingat hal itu, menjaga kebersihan kamar mandi sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, tukangsedotlimbah.com akan berbagi cara menjaga kebersihan kamar mandi di rumah dengan mudah.

Sebagai tempat membersihkan diri, kamar mandi merupakan tempat yang justru paling rentan menjadi sarang pertumbuhan bakteri, jamur dan kuman. Hal ini sebenarnya tak mengherankan, karena kamar mandi memang menjadi ruang khusus untuk mandi maupun buang air besar dan kecil. Tentu, kotoran-kotoran itu sendiri mengandung kuman.

Oleh karena itu, untuk mencegah kuman-kuman berimbas pada kesehatan anggota keluarga, kamar mandi perlu selalu dibersihkan dengan cara menguras bak mandi misalnya. Menyikat lantai kamar mandi juga perlu dilakukan secara rutin agar tetap bersih dan terbebas dari kuman. Di era yang modern ini, telah banyak dijual berbagai cairan pembunuh kuman sekaligus penghilang kerak kamar mandi untuk memudahkan Anda membersihkan lantai kamar mandi maupun baknya. Apabila perlu, bubuhkan bubuk ABATE di bak mandi agar jentik-jentik nyamuk tidak berkembang.

Berbagai peralatan mandi, seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi, sampo dan lainnya sebaiknya juga diperhatikan tata letaknya. Tak perlu menggunakan tempat yang mahal untuk membuat perlengkapan mandi itu tampak rapi dan bersih. Anda bisa menggunakan keranjang alat mandi atau mungkin rak kecil untuk menata perlengkapan mandi tersebut agar tampak sedap dipandang mata. Selain alasan keindahan, menata perlengkapan mandi juga perlu dilakukan agar tak menjadi sarang kuman. Peletakkan sikat gigi misalnya, hendaknya dipastikan dalam kondisi sikat di atas dan gagang sikat di bawah. Tentu, tujuannya agar sikat dapat tiris dan kering usai digunakan, sehingga tak menjadi sarang kuman yang membahayakan kesehatan mulut dan gigi saat digunakan lagi.

Memberikan pewangi ruangan juga bisa dilakukan agar kamar mandi lebih fresh dan nyaman digunakan. Pot-pot kecil dengan bunga mini bisa pula diletakkan di sudut kamar mandi—yang tak terguyur air tentunya, untuk mempermanis ruangan. Tak ketinggalan, pastikan terdapat wadah untuk sampah seperti tissue atau bekas sampo dan lainnya di kamar mandi agar sampah tak berserakan.